DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI
KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
Berita

Upaya Pemberantasan Narkoba di Kota Tarakan

07 March 2016

 

Selasa, 1 Maret 2016, telah diadakan kegiatan kehumasan KPPBC TMP B Tarakan. Pada kesempatan kali ini, kegiatan dikemas dalam bentuk Coffee Morning yang bertempat di Aula KPPBC TMP B Tarakan. Mengambil tema Upaya Pemberantasan Narkoba di Kota Tarakan, acara dihadiri oleh Walikota Tarakan, Kabinda Kaltara, Danlantamal XIII, Dandim 0907, Danlanud, Kapolres Tarakan, Kepala BNN Kota Tarakan, Kepala Kesbangpol Kota Tarakan. Acara yang digagas oleh Bobby Situmorang, Kepala KPPBC TMP B Tarakan ini, mendapat sambutan dan apresiasi dari tamu undangan yang hadir. Terbukti dalam sambutan yang disampaikan Ir. Sofian Raga, M. Si, Walikota Tarakan. Beliau memuji kinerja Bea Cukai Tarakan selama ini yang telah berupaya maksimal dalam menjaga Kota Tarakan  dari masuknya barang-barang larangan khususnya narkoba. “Tarakan ini bentuknya pulau, dikelilingi oleh perairan. Tidak bisa dipungkiri banyak pelabuhan “tikus” yang masih terbuka. Ke depan akan kita tingkatkan sinergi semua instansi, agar pengawasan kita lebih maksimal. Melalui forum seperti ini, mari kita rencanakan dan sepakati lebih lanjut seperti apa mekanisme nya. Terima kasih saya ucapkan sekali lagi kepada Bea Cukai Tarakan yang telah menyelenggarakan acara ini, mudah-mudahan apa yang kita harapkan bersama akan segera terwujud melalui forum ini.” tuturnya.

Bak gayung bersambut, Bobby Situmorang selaku KPPBC TMP B Tarakan pun sangat berterima kasih kepada Bapak Walikota dan jajaran nya, karna selama ini telah mendukung penuh seluruh kegiatan KPPBC TMP B Tarakan. Dalam sambutannya, Bobby Situmorang pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang selama ini turut serta dan berperan aktif mendukung kegiatan KPPBC TMP B Tarakan. “Mengutip perintah Presiden RI melalui Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dalam rapat terbatas di Kantor Presiden RI tanggal 24 Februari 2016, Presiden memberikan perintah kepada BNN, TNI, Polri, seta Kementerian dan Lembaga untuk memulai pertempuran dan peperangan terhadap narkoba dan harus tegas memberikan efek jera bagi pelaku. Kami cukup bangga bisa bersinergi bersama bapak ibu sekalian dalam memulai pertempuran terhadap narkoba berdasarkan tugas dan fungsi kita masing-masing. Pada acara hari ini Bapak dan Ibu diberikan kesempatan untuk memaparkan tugas dan fungsi masing-masing instansi, tukar menukar informasi tentang metoda pencegahan dan pemberantasan narkoba, maupun tukar menukar informasi mengenai kondisi di lapangan dan tindak lanjutnya. Forum awal ini memang forum yang sangat terbatas, namun demikian berdasarkan perkembangan ke depan kita semua dapat melibatkan instansi lain bahkan masyarakat dalam memerangi narkoba di wilayah Kota Tarakan.” tuturnya sekaligus secara simbolis membuka acara pada hari itu dan menyerahkan wewenang kepada Rommy Heryadi selaku moderator untuk mengatur jalannya diskusi.

 

 

 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari beberapa instansi dan juga diskusi mengenai permasalahan yang timbul di lapangan. Di akhir acara diskusi, moderator membacakan kesimpulan diskusi tersebut. Diantaranya adalah untuk membentuk Satgas dan Rencana Strategis yang akan dibahas dalam forum yang lebih tertutup, mensinergikan kegiatan patroli sesuai tugas dan kewenangan masing-masing instansi, membahas pembentukan Kawasan Pabean di Bandara Juwata atau di daerah lain yang mempunyai sarana dan prasarana yang memadai, dan mengadakan dialog bersama masyarakat untuk membangun ketahanan masyarakat. Bobby Situmorang selaku Kepala KPPBC TMP B Tarakan pun akan melakukan koordinasi dengan Unit K9 yang nantinya akan ditempatkan di Kanwil DJBC Kalbagtim di Balikpapan untuk diberdayakan di Bandara Juwata maupun Pelabuhan Malundung. Selain itu pihak KPPBC TMP B Tarakan pun akan mengadakan alat yang bernama trace detector, yang mana alat ini berguna untuk mendeteksi narkoba, mendeteksi tempat yang pernah dijadikan tempat penyimpanan narkoba, yang berguna untuk melakukan pemeriksaan dan menunjang kegiatan lainnya. Acara hari itu pun diakhiri dengan pemberian topi seragam sebagai wujud simbolis komitmen para penegak hukum yang hadir akan Upaya Pemberantasan Narkoba di Kota Tarakan.

                  


Berita Lainnya



   Hak Cipta KPPBC Tipe Madya Pabean B Tarakan @2015
Jalan Yos Sudarso No. 1 Lingkas Ujung, Tarakan, Kalimantan Utara